MATERI DASAR-DASAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

MATERI DASAR-DASAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

ELEMEN KOMPUTER GRAFIS

KELAS X KURIKULUM MERDEKA

SEMESTER GENAP



1. Dasar-dasar Desain Grafis

A. Definisi Desain Grafis
B. Elemen-elemen Desain Grafis
C. Prinsip-prinsip Desain Grafis
D. Evolusi Teknologi dalam Desain Grafis
E. Kesimpulan



2. Perbedaan gambar bitmap dan gambar vektor

A. Pengertian gambar bitmap
B. Pengertian gambar vektor



3. Pengenalan software grafis seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan lain-lain

A. Cara menginstal software dan memahami antarmuka
B. Latihan: Mengolah gambar dengan software grafis
C. Pengolahan Gambar

3. Cara membuka dan menyimpan gambar

A. Cara mengubah ukuran gambar
B. Cara memotong gambar (cropping)
C. Cara menambahkan efek pada gambar (seperti blur, sharpen, dll)
D. Latihan: Mengolah gambar sesuai tugas
E. Ilustrasi Vektor

4. Pengenalan ilustrasi vektor

A. Cara membuat ilustrasi vektor dengan software grafis
B. Latihan: Membuat ilustrasi vektor sesuai tugas
C. Animasi

5. Pengenalan animasi

A. Cara membuat animasi sederhana dengan software grafis
B. Latihan: Membuat animasi sesuai tugas
C. Desain Produk



6. Pengenalan desain produk

A. Cara membuat desain logo
B. Cara membuat desain produk digital (seperti ebook cover, header blog, dll)
C. Cara membuat desain produk fisik (seperti kartu nama, brosur, dll)
D. Latihan: Membuat desain produk sesuai tugas

7. Pengenalan desain web

A. Cara membuat mockup halaman web
B. Cara menentukan tata letak halaman web
C. Cara menentukan warna dan tipografi untuk halaman web
D. Latihan: Membuat desain halaman web sesuai tugas
E. Catatan: Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap materi dan latihan bisa bervariasi tergantung pada tingkat kemampuan siswa dan intensitas pengajaran.

Komentar