Materi Pembelajaran Kelas XII (Elemen: Proses Produksi Desain - Desain UI/UX)

 


(Desain Komunikasi Visual – Fase F)
Elemen: Proses Produksi Desain - Desain UI/UX

1.  Pengantar UI/UX Design

Deskripsi: Memahami apa itu UI (User Interface) dan UX (User Experience) serta perbedaannya. Materi ini mencakup dasar-dasar desain antarmuka dan pengalaman pengguna, serta mengapa keduanya penting dalam pembuatan aplikasi dan situs web. Penting untuk membangun fondasi yang kuat mengenai konsep dasar UI/UX agar peserta didik memahami peran dan tujuan dari desain dalam konteks pengguna.

CEK MATERI DISINI

LINK TUGAS MANDIRI


2. Karakteristik Pengguna

Deskripsi: Dalam desain UI/UX, karakteristik pengguna merujuk pada profil dan kebutuhan spesifik dari audiens target yang akan menggunakan produk digital. Karakteristik ini mencakup berbagai aspek seperti demografi (usia, jenis kelamin, pendidikan), psikografis (minat, gaya hidup), serta kemampuan teknis dan preferensi penggunaan teknologi. Pengguna mungkin memiliki tingkat pemahaman teknologi yang berbeda, sehingga desain harus menyesuaikan dengan tingkat keahlian mereka, mulai dari pemula hingga ahli. Selain itu, desain UI/UX juga mempertimbangkan konteks penggunaan, seperti situasi dan lingkungan di mana produk akan digunakan, untuk memastikan pengalaman yang efisien dan menyenangkan. Dengan memahami karakteristik pengguna, desainer dapat menciptakan antarmuka yang intuitif dan pengalaman pengguna yang sesuai, yang pada akhirnya meningkatkan kepuasan dan keterlibatan pengguna.

TUGAS MANDIRI 2 - STUDI KASUS

LINK PENGUMPULAN TUGAS MANDIRI 2 - STUDI KASUS


LINK PENGUMPULAN TUGAS FIGMA


3. Riset Pengguna

Deskripsi: Teknik-teknik untuk mengumpulkan dan menganalisis data pengguna melalui survei, wawancara, dan observasi. Mengidentifikasi kebutuhan, perilaku, dan preferensi pengguna. Riset pengguna memastikan bahwa desain yang dibuat relevan dan sesuai dengan kebutuhan serta ekspektasi target audiens.

CEK MATERI DISINI


4. Wireframing dan Prototyping

Deskripsi: Membuat sketsa awal atau wireframe dari antarmuka dan mengembangkan prototipe interaktif untuk menguji desain. Penggunaan alat seperti Figma, Adobe XD, atau Sketch. Wireframing dan prototyping membantu dalam visualisasi dan pengujian desain sebelum implementasi akhir, memungkinkan perbaikan awal dan penghematan waktu serta biaya.

CEK MATERINYA DISINI

5. Desain Interaksi (Interaction Design)

Deskripsi: Memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan antarmuka, termasuk elemen-elemen seperti tombol, menu, dan navigasi. Mendesain elemen interaktif yang intuitif dan responsif. Desain interaksi yang baik meningkatkan usability dan memastikan bahwa pengguna dapat berinteraksi dengan antarmuka secara efisien dan menyenangkan.


6. Pengujian Usability (Usability Testing)

Deskripsi: Teknik untuk menguji seberapa mudah dan efektif antarmuka digunakan oleh pengguna. Melakukan pengujian dengan pengguna nyata untuk mendapatkan umpan balik dan melakukan perbaikan. Pengujian usability membantu mendeteksi masalah dalam desain dan memastikan bahwa antarmuka memenuhi standar kegunaan dan kepuasan pengguna.


7. Implementasi dan Evaluasi

Deskripsi: Proses mengimplementasikan desain yang telah diuji dan dievaluasi, serta melakukan penyesuaian berdasarkan umpan balik dari pengguna. Implementasi dan evaluasi adalah langkah terakhir untuk memastikan bahwa desain dapat digunakan secara efektif dalam praktik dan memenuhi tujuan yang ditetapkan.


8. Tren dan Teknologi Terkini

Deskripsi: Mengikuti perkembangan terbaru dalam desain UI/UX, seperti desain responsif, dark mode, dan teknologi baru yang mempengaruhi pengalaman pengguna. Memahami tren dan teknologi terkini memastikan bahwa desain tetap relevan dan up-to-date dengan standar industri yang terus berkembang.


Materi ini dirancang untuk memberikan keterampilan praktis dan teoritis yang dibutuhkan untuk menjadi desainer UI/UX yang kompeten. Dengan mempelajari materi ini, peserta didik akan siap untuk merancang antarmuka yang tidak hanya menarik secara visual tetapi juga memberikan pengalaman pengguna yang optimal.


Komentar